tugas b.ind

LATAR BELAKANG MASALAH

Kelebihan pada era saat ini adalah dalam teknologinya. Salah satunya adalah pesan pendek SMS (Short Massaging System). Implikasinya, salah satu model komunikasi data yang bisa dipakai oleh SMS. Maksudnya, SMS tersebut harus bisa melakukan transaksi dengan database. Untuk itu perlu dibangun sebuah sistem yang disebut sebagai SMS Gateaway. Pada prinsipnya SMS Gateaway adalah sebuah perangkat lunak yang menggunakan bantuan komputer dan memanfaatkan teknologi seluler yang berguna mendistribusikan pesan-pesan yang di generate lewat sistem informasi melalui media SMS yang di tangani oleh jaringan seluler.

Walaupun fitur atau berbagai jenis layanan yang ditawarkan telepon selular terus berkembang secara pesat, tetapi masyarakat masih menyukai fitur SMS sebagai layanan yang murah dan mudah. Disamping murah dan mudah, SMS merupakan layanan yang dipunyai oleh semua tipe telepon selular. SMS merupakan jenis layanan informasi yang pengiriman datanya dibatasi sebanyak 160 karakter. Dan untuk pembuatan tugas akhir kali ini di pilih salah satu aplikasi yang berbasiskan SMS yaitu dengan membuat aplikasi SMS polling.


Polling adalah salah satu metode untuk mencari data, sehingga data tersebut dapat digunakan untuk mengambil sebuah keputusan atau kesimpulan terhadap suatu pernyataan atau pertanyaan yang di ajukan kepada responden polling. Metode polling merupakan metode yang relatif mudah, sederhana, dan cukup efisien waktu. Dan dari realita yang ada maka penulis mencoba untuk membuat sebuah aplikasi SMS polling, yang diharapkan dari pembuatan aplikasi ini dapat memenuhi kebutuhan yang ada.


Dalam tugas akhir ini fitur SMS dimanfaatkan untuk mengetahui informasi siapakah dosen yang paling di gemari di jurusan sistem informasi Universitas Gunadarma. SMS polling ini di gunakan untuk menggantikan angket mengenai data dosen yang prosesnya begitu lama dan kurang akurat, untuk itu di bangunlah aplikasi SMS polling yang akan memudahkan mahasiswa untuk memberikan penilaian terhadap dosen berdasarkan kriteria penguasaan materi pelajarannya.


0 Responses