Resensi Film I Robot

Film ini menceritakan ada sebuah perusahaan yang memproduksi robot untuk kebutuhan manusia. Terdapat suatu alat canggih di perusahaan tersebut yang dinamakan dengan VIKI. VIKI merupakan otak yang dirancang sebagai system perlindungan. Selain itu dikenal pula istilah nanite, berbentuk seperi cairan di dalam tabung, jika disuntikan ke otak system akan mempengaruhi semua system yang ada.
Di film ini robot mempunyai 3 peraturan, yaitu:
1. Robot tidak boleh melukai manusia atau membiarkan mereka terluka. 2. Robot harus mematuhi perintah yang diberikan manusia, kecuali perintah tersebut bertentangan dengan hukum pertama. 3. Robot harus melindungi keberadaannya sendiri selama perlindungan itu tidak bertentangan dengan hukum I dan hukum II.
Dalam ceritanya, terdapat robot yang tak bisa dikendalikan atau bisa disebut human error. Robot yang mengalami error yaitu robot NS5, dimana robot-robot tersebut diciptakan untuk melanggar hukum-hukum yang telah ditetapkan. Sehingga munculah robot-robot perusak profesional yang sangat tidak patuh pada manusia. Untuk memperbaiki system tersebut, VIKI harus dihancurkan, dan cairan nanite harus disuntikan ke otaknya.
Film ini menggambarkan kondisi di Amerika, dimana peranan robot sangat besar dalam membantu kehidupan manusia, tetapi ada juga yang merugikan manusia.
Contoh yang menguntungkan : Pembantu rumah tangga, pengangkat barang, asisten pribadi, buruh pabrik, dll.
Contoh yang merugikan : Robot dapat menghancurkan kehidupan manusia, meningkatkan pengangguran, karena diakui teknologi yang digunakan dalam pembuatan robot, membuat mereka bekerja lebih cepat dari tenaga manusia.

Film ini menunjukan kemajuan teknologi yang sangat pesat, cantohnya teknologi komunikasi yang dapat dilihat dari film ini adalah dalam penciptaan sebuah alat yang bernama proyektor hologram. Hologram bewarna hijau ini dapat memunculkan bayangan orang mati, dan diprogram seolah-olah orang mati tersebut dapat berkomunikasi dengan manusia dengan jawaban terbatas.

Jadi, teknologi robot dan system digital yang diciptakan oleh manusia bisa sangat membantu mempermudah pekerjaan manusia. Ini juga bisa disebut INTERAKSI MANUSIA dan KOMPUTER.

0 Responses