Mengenang Hari Pahlawan

Sepertinya, banyak sekali diantara kita, tidak perlu lagi untuk diingatkan bahwa tanggal 10 November merupakan salah satu diantara berbagai hari bersejarah yang teramat penting dalam perjalanan bangsa Indonesia. Sejak lebih dari setengah abad yang lalu, tanggal 10 November telah dinyatakan oleh bangsa kita seebagai Hari Pahlawan. Di zaman yang dirayakan seecara khidmat, dan dengan rasa kebanggaan yang besar.

Pada kurun waktu itu, peringatan Hari Pahlawan merupakan kesempatan bagi seluruh bangsa, bukan saja untuk mengenang jasa-jasa dan pengorbanan para pejuang yang tak terhitung jumlahnya dalam perjuangan bersama bagi tegaknya Republik Indonesia yang baru saja diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.

Singkat cerita yaitu tepatnya pada tanggal 10 November pagi, tentara Inggris mulai melancarkan serangan besar-besaran dan dahsyat sekali, dengan mengerahkan sekitar 30000 serdadu, 50 pesawat terbang dan sejumlah besar kapal perang. Berbagai bagian kota Surabaya dihujani bom, ditembaki secara membabi buta dengan meriam dari laut dan darat. Ribuan penduduk menjadi korban, banyak yang meninggal dan lebih banyak lagi yang terluka-luka. tetapi, perlawanan pejuang-pejuang juga berkobar diseluruh kota, dengan bantuan yang aktif dari penduduk.

Pihak inggris menduga bahwa rakyat Indonesia di Surabaya bisa ditaklukan dalam tempo 3 hari saja, dengan mengerahkan persenjataan modern yang lengkap, termasuk pesawat terbang, dan lain-lain. Rupanya Tentara Keamanan Rakyat (TKR) atau bisa disebut sekarang TNI, dianggap enteng, apalagi badan-badan perjuangan bersenjata yang banyak dibentuk oleh rakyat. Tetapi, diluar pihak ternyata perlawanan rakyat Indonesia bertahan lama, bahkan sampai berbulan-bulan. Tetapi, ternyata akhirnya kota tersebut jatuh ke tanga Inggris.
Arti daru pertempuran ini akhitnya dikukuhkan sebagai Hari Pahlawan, bukanlah hanya karena begitu banyaknya pahlawan yang baik yang dikenal maupun tidakdikenal yang telah mengorbankan diri demi bangsa ini. Disampng itu, kebesaran arti pertempuran Surabaya juga terletak pada peran dan pengaruhnya, bagi jalnnya revolusi waktu itu.

Artinya, perjuangan tersebut telah mengubah rakyat Indonesia menjadi patriotisme. Dengan semangat itu jugaah, rakyat Indonesia kemudian meneruskan melawan Belanda.

0 Responses